Visiting SLB Nusantara



Tanggal 7 Februari kemarin gue, teman-teman, dan kakak-kakak senior KOM (sebutan anak Komunikasi) pergi ke YPLB Nusantara sebagai salah satu kegiatan 'From Comm With Love', acara charity dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI.

YPLB Nusantara ini letaknya di Beji, yang punya adalah Pak Sudjono. Diceritain sama kakak panitianya, YPLB ini dibuat sekitar tahun '80-an dan sampai sekarang karyawan, pengajar, dan pengasuh disana berjumlah sekitar 39 orang dan sekitar lebih dari 100 anak dengan kebutuhan khusus (difabel) yang tinggal di sana. Beragam dari yang tunanetra, tunarungu, tunadaksa, tunagrahita, autis, hiperaktif, down syndrome, cerebral palsy, dan usianya dari yang masih umur anak TK sampai yang usianya di atas 30 tahun. Ada anak-anak yang pulang-pergi untuk belajar di sana. Ada anak-anak yang dititipkan oleh orang tuanya untuk tinggal di asrama YPLB ini, walaupun sebagian orang tua yang menitipkan anaknya disana tidak kunjung datang lagi untuk menjenguk anaknya. Ada juga anak-anak yang datang tinggal disana karena ditemukan di pinggir jalan dan tidak mempunyai tempat tinggal lagi.

Memasuki SLB Nusantara (taken from: http://www.facebook.com/FromCommWithLove)

Rombongan anak-anak KOM datang ke sana sekitar jam setengah 10. Masuk ke dalam, beberapa dari kita disambut duluan oleh Asa, salah satu anak autis, yang kerjaannya suka keliling ke orang-orang yang ada disana dan suka bercerita. Pas kita datang, dia cerita kalau dia sedang minum air dingin dan makan tahu, tempe, dan bakso untuk sarapan haha.

This is Asa :)

Kita masuk ke dalam lapangan olahraga indoor di mana semua kegiatannya berlangsung di sana. Kita disambut dengan lagu yang dinyanyiin salah satu anak YPLB dan sambutan dari Pak Sudjono. Di sela-sela acara pembukaan, gue tiba-tiba dipanggil sama anak autis yang namanya Bana. Dia ngaku kalau dia itu pacarnya Bisma 'SMASH' hahaha. Dia bawa buku gambarnya dan nyuruh gue gambarin dia dan Bisma, terus dia suruh gambar gue sendiri & pacar gue.

Bana & Fakhri. Look at my drawing >..<
Setelah acara pembukaan, ada acara nonton film kartun bareng. Kakak-kakak panitia bawain kartun Mickey Mouse zaman dahulu kala sekali haha judulnya 'Mickey's Elephant.' Semuanya perhatian anak-anaknya dialihkan untuk menonton film.

(taken from: http://t.co/DR2wpGwI)
Anis, Ides, Vivi, & the kids :D (taken from: http://t.co/VHWgzw2m)
Then came the fun part... Games! Ada 3 games yang dimainkan. Pertama, bikin topi dari koran & dihias dengan kertas crepe merah, putih, & lambang garuda. Kedua, tiup balon & dipecahin, karena dari balon akan ada kertas yang isinya cita-cita & disuruh peragain cita-cita yang didapat. Dan terakhir, main hom pim pa atau do mi ka do, yang kalah mukanya dihias pakai bedak.

Mereka semua dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang dan didampingi 2 orang lagi dari KOM. Gue dan teman gue, Tia, dapat kelompok yang isinya cowok semua, dari yang kecil sampai yang tua ada di kelompok gue haha. Ada yang namanya Darmawan, salah satu yang tua di SLB itu dan kayaknya dia salah satu autis yang pinter karena dia bisa hafalin semua nama orang-orang yang dia kenal dan hafal lambang sila yang ada di Pancasila. How cool is that? Terus ada juga namanya Nugroho, suka nge-kiss-bye gitu hahahaha. Jalannya games ini sih jujur nggak begitu berjalan baik karena nggak bisa bikin topinya dan nggak bisa niup balon. Tapi paling nggak pada senang gitu pas ada yang kena coretan bedak pas kalah main hom pim pa :D

Bantu-bantu buatin topi :)
Nugroho with his hat :D

Darmawan si pintaaar
He loves playing with powder & rock 'n roll
Bima bilang dia lebih ganteng dari Ebiet G. Ade :))
Lalu tiba akhirnya closing performance dari anak-anak SLB Nusantara. Bima menyanyikan lagu Ebiet G. Ade dan ada Salsa, salah satu dari 2 anak tunanetra, yang nyanyi lagu-lagu dari acara Inbox. Ada juga yang nyanyiin lagu 'Jangan Menyerah' dari D'Masiv yang bikin gue terharu karena mereka tidak menyerah, malah mereka mempunyai semangat hidup :) dan selama closing performance, kita masih ngobrol dan bergaul dengan anak-anak yang ada di sana. Gue duduk sama Vivi yang nempeeeel terus sama Sasha, yang suka sekali peluk dan cium >< terus Dika yang terus ditempel sama Bana. Funny story about Dika & Bana. Bana menganggap kalau Dika ini adalah pacarnya, dan namanya adalah Anton waaaakakakakakaka. Digandeeeng terus sama Bana. Gue senggol Dika dikit langsung dicegat sama Bana. Yang bikin gue iri adalah ceritanya anak-anak SLB disana dapat snack dan semua snack dan minuman Bana dikasih ke Dika, dan disuapin. Masalahnya anak-anak KOM nggak dapet makanan hahahaha maaf ya, pas lihat itu emang pas lagi laper. Gue ikhlas kok hahaha. Dika juga dikasih cincin, jepit rambut, & pin dari Bana. Setelah itu kita semua foto bareng dan anak-anak dapat buku tulis dan pulpen baru yeaay.

Singer Salsa
Cutie Sasha ><
The two lovebirds: Dika 'Anton' & Bana <3
Setelah itu, harus berpisah deh :( Emang waktunya dibatasin cuma sampai jam 12 siang dengan alasan kita mau pulang untuk makan siang biar anak-anak di sana bisa langsung pergi untuk makan siang dan tidak terlalu attached sama kita karena waktu makan siang mereka nggak bisa diganggu gugat atau nggak bisa rewel. Sampai kita keluar dari SLB itu, beberapa anak ada yang liatin dari jendela dan masih manggil-manggil kita. Ada juga yang ikut keluar, seperti Bana yang nggak mau berpisah dengan Dika dan Bima yang mengiringi kita dengan lagu Ebiet G. Ade (lagi). Sedih banget :( tapi at least we all had the greatest time ever :)

Kita masih menggalang dana untuk nanti didonasikan untuk YPLB Nusantara, yang nanti fungsinya untuk kebutuhan mereka sehari-hari dan terapi. Untuk yang mau menyumbang bisa ke:
BNI : 0273448586 A/N Ressi Putri AviceniaBCA : 5470381053 A/N Haryani Dannisa
Informasi & konfirmasi ke contact person: Dianti Ratih R. (081381910836 / 238337CE), Andra Dwita Putri (08561841926 / 28292785), Sanie Aulia (081294191895 / 2973ADD3)

Atau kalau mau donasi langsung bisa ke acara utama From Comm With Love pada tanggal 15 Februari 2013 di Aula Terapung Crystal of Knowledge (Perpustakaan Pusat) UI pukul 18.00-21.00

Partisipasi dalam bentuk apapun akan sangat bermakna bagi para anak - anak berkebutuhan khusus ini :) Mari, berbagi kebahagiaan dengan mereka, dan share your love with communication, because it's time for us to help those who have troubles in communicating :)


Stay tune for the coming posts about my life, my love story, silly events and thoughts, things I want to share, etc. :)

2 comments:

  1. oh SLB bodong itu , knp gak brkunjung ke SLB yg lbih jujur aja?

    ReplyDelete
  2. oh SLB bodong itu , knp gak brkunjung ke SLB yg lbih jujur aja?

    ReplyDelete